Tanggal Posting

August 2012
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Aktifitas


Jangan Dendam

# oleh: Islisyah Asman #

Saat seseorang disakiti, dilecehkan, itu saat yang tepat untuk belajar. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam dan para Shahabat. Mereka cerminan dari akhlak yang mulia. Nabi Saw menolak saran mendoakan orang yang mencelakakan beliau agar celaka juga. Beliau malah mendoakan kebaikan bagi orang itu.  Subhanallah.

Sakit hati? Bisa jadi! Tetapi bila difikirkan, daripada terus merasa sakit hati dan dendam yang berkepanjangan, kenapa tidak mengambil hikmahnya?

Rasakan saat sakit hati karena dihianati. Padanya ada pembelajaran bahwa dikhianati itu sangat menyakitkan. Jangan melakukannya pada orang lain. Ketika disakiti, itu sangat tidak menyenangkan, dan belajarlah untuk tidak menyakiti orang lain. Ketika dimaki, sakit rasanya hati ini. Berusahalah belajar untuk tidak melakukan hal tersebut (tidak enak dimaki itu). Ketika diomongin orang dengan hal yang menyakitkan, belajarlah untuk tidak menjadi orang yang suka ngomongin orang. Pokoknya, belajarlah menidakkan hal-hal yang bisa dilakukan, tetapi tidak menguntungkan dari segi apa pun!

Bisa jadi, berterimakasihlah kepada orang yang telah menyakiti kita. Sesungguhnya mereka telah memberikan pelajaran berharga, pelajaran yang tidak didapatkan dari keluarga dan sahabat, pelajaran yang memberikan kenikmatan tersendiri dalam menjalani hidup, kenikmatan yang dirasakan setiap melakukan kebaikan.

Sesuatu yang perlu disyukuri bahwa tidak perlu terjerumus pada berbagai perbuatan salah seperti yang dilakukan oleh orang lain.

 


Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>